Sabtu, 23 April 2016

[Review Buku] Tuesdays with Morrie - Mitch Albom


   Penyakit ALS(Amyotrophic lateral sclerosis) yang tiba-tiba ramai dibicarakan setelah jutaan orang melakukan Ice Bucket Challenge di sosial media menjadi background dari cerita dari awal sampai akhir. Pembaca diajak untuk membanyangkan langsung bagaimana seseorang bila terkena penyakit ALS dari kuat secara fisik sampai dia mati seperti tercekik karena syaraf pada paru2 yang tidak berfungsi lagi.
   Buku terbitan 1997, diangkat dari pertemuaan-pertemuan selama 14 minggu terakhir antara si Penulis(Mitch Albom) dan guru Besarnya sewaktu kuliah(Morrie Schwartz) yang sudah tidak bertemu selama 16 tahun. Mereka melakukan proyek terakhir mereka yaitu membuat Thesis mengenai makna hidup. Menariknya, si dosen melihat makna hidup dari sisi dia yang hanya tinggal beberapa minggu yang bakan untuk memiringkan kepala harus dengan bantuan orang lain.
Semangat sang dosen, yang fokus pada belajar setiap hari selasa memberikan kesan kuat terhadap semua yang diucapkannya. Dia bahkan sering bercanda, disaat hanya untuk menarik nafas saja harus kesusahan.
   Ceritanya mengalir seperti percakapan biasa dan sama seperti Meniti Biang Lala, Mitch Albom dapat menyisipkan banyak nilai-nilai hidup yang mengalir dengan baik pada tulisannya.

"Belajarlah dari lambat dan perlahannya proses kematianku. Perhatikan apa pun yang terjadi padaku. Belajarlah bersamaku" - Morrie.

1 komentar: