Sabtu, 09 April 2016

[Review Buku] Let's Change - Rhenald Kasali

   Dengan menjelaskan berbagai macam masalah yang terjadi di Indonesia melalui sudut pandang manajemen namun ringan dibaca, Rhenald Khasali menuliskan Artikel harian yang dimuat di Kompas mulai dari 2006 s.d 2012 kemudian disadur kembali menjadi buku kumpulan artikel terbaik Rhenald Kasali. Let's Change.
   Permasalahannya sangat jelas *setiaknya menurut beliau*, kita masih terjebak dalam cara-cara lama untuk mencoba menyelesaikan permasalahan baru. Kita masih berusaha menyelesaikan masalah ekonomi abad 21 dengan teori ekonomi demokrasi + politik sekarang. Kita masih percaya bahwa metode pendidikan dulu(sebelum berubah2) masih dapat ditandingkan dengan kurikulum luar negeri. Kita masih percaya dengan menjual dongeng daerah kita dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi. Kita masih percaya bahwa pemimpin yang mengambil tindakan terobosan namun gagal adalah penjahat. Kita masih perlu perubahan - Menurut saya itu yang ingin beliau sampaikan.
    Indonesia menang sedang keluar dari perangkap tersebut, namun perubahan adalah teman dekat dari resistensi. Banyak yang ingin perubahan tetapi yang merasa terusik karena sudah nyaman selama ini juga tidak akan tinggal diam.
   Tapi saya melihat porsi saya dalam kata 'kita' diatas hampir tidak ada. Saya tidak bisa menyelesaikan masalah ekonomi,masalah pendidikan,masalah pariwisata,masalah leadership di Indonesia. Tapi setidaknya saya punya wawasan baru dan berusaha lebih baik dengan pemikiran-pemikiran baru yang dituliskan dalam buku ini dan juga menjadi pendorong untuk keluar dari jebakan pemikiran dulu dengan memulai dari hal hal praktis.
Let's Change!

1 komentar: