Sabtu, 26 Maret 2016

[Review Buku] Change - Rhenald Kasali, Ph.D


'Tak peduli seberapa jauh jalan salah yang anda jalani, putar arah sekarang juga'
    Buku ini sangat bagus untuk menterjemahkan naik turunnya perubahan yang terjadi di Indonesia khususnya bagi pemerintah dan swasta. Buku ini banyak menyajikan fakta perusahaan yang berhasil berubah diri sehingga tetap dikenal sampai sekarang dan yang gagal memperbaharui diri setelah menerima pujian.
   Organisasi harus selalu berubah, karena jika sudah merasa cukup baik, maka peluang kejatuhan perusahaan semakin besar. Good is the enemy of Great. Itulah kenapa sebagian besar perusahaan yang mendapatkan Most Admired Companies tahun 90an tidak muncul lagi diawal milenium. Mereka merasa bisa bertahan dengan cara cara lama yang mereka yakini sebagai tradisi.
   Buku yang cukup mudah dicerna khususnya bagi pembaca yang bukan dari lingkungan manajemen. Buku setebal 400 halaman ini juga memberikan banyak pelajaran tentang cara manajemen perubahan dan manajemen harapan. Terkesan bacaan yang abstrak, tapi dengan bantuan contoh langsung pada beberapa perusahaan yang sudah membuktikan perubahan, seperti Garuda Indonesia, Sidomuncul, Harley Davidson, GE dan sebagainya, hal tersebut menjadi gamblang dan mudah dipahami.
    Buku bagus untuk siapa saja yang ingin berubah atau sedang berubah atau bahkan yang belum kepikiran untuk berubah. Memang tujuan penulisan buku adalah untuk manajemen pada perusahaan, tapi ada beberapa hal yang bisa ditarik kekehidupan sehari-hari yang mudah untuk dilakukan untuk naik ke kurva kedua. Apa itu kurva kedua, silahkan baca bukunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar