Sabtu, 09 Januari 2016

Rangkaian Natal Sebenarnya

    Pemahaman yang keliru jika 25 desember dianggap sebagai perayaan kelahiran Tuhan Yesus, dan hal ini diperparah lagi dengan kebiasaan melakukan perayaan tersebut mulai dari awal desember.
   Padalah pada masa akhir november atau awal desember, selama 4 minggu dilakukan persiapan rohani -advent- sampai pada perayaan natal selama 12 hari, yg dimulai pada 24 desember malam, namun ntah kenapa, pendeta didaerah dan dikota seakan lumrah saja dengan kebiasaan seperti ini. Mungkin memang advent masih jarang dipahami sebagai bagian perayaan kelahiran Yesus, walaupun sudah sering dikotbahkan tapi seakan menuliskan Perayaan Natal ... Lebih bergengsi ketimbang menuliskan Perayaan Advent.
   Tapi memang, tradisi seperti ini sudah ada dari dulu, belum lagi bingungnya anak kecil soal perbedaan Advent, Natal dan Epifania. Yang mereka tahu dari tanggal 10 an sampai akhir bulan adalah Natal.
   Tapi tidak untuk berusaha untuk menyalahkan apa yang sudah kita lakukan selama ini, tetap dijalani saja, tapi pemahaman dan melakukan sesuai aturan yang sudah ditentukan jauh lebih baik.
Berikut link penjelasan lengkap dari bapak Pdt. Bonar Lumbantobing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar