Sabtu, 28 Mei 2016

[Review Youtube Channel] Every Frame a Painting

   "Hi, my name is Tony, and this is Every Frame a Painting". Greeting pada setiap videonya menjadi ciri khas channel Youtube Every Frame a Painting. Nama lengkap  Tony Zhou, film maker dan editor freelance.
Beberapa video Tony Zhou terkait film dan sinematografi.
   Yang menarik dari channel dengan 700rb subscriber ini adalah caranya menjelaskan hal pendukung diluar film itu sendiri. Tony dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dibidang perfilman menjelaskan secara detil tentang teknik editing, kebiasaan dan ciri khas sutradara, aktor dan setting pendukung  yang membuat film menjadi menarik.

   Misalnya pada video dibawah ini, Tony menjelaskan ada 9 alasan kenapa action komedi Jackie Chan menarik. Misalnya dia menyebutkan bahwa Jackie Chan tidak melakukan cut terlalu banyak pada saat editing. Dia terbiasa menyatukan adegan pukulan pada 1 frame dan itu membuat penonton merasakan keseruan pertarungan. Jackie Chan juga perfeksionis. Dia bahkan pernah re-take 120 scene untuk melempar kipas tangan dan kipas itu kembali ketangannya. Jackie Chan mengatakan hal itu sulit untuk ditemui pada film sekarang, karena faktor uang dan waktu.

  Dia juga mengkritisi tentang editing film komedi dimana menurutnya akhir akhir ini terlalu monoton dan editornya terkesan malas memperbaharui teknik. Tony memberi contoh film komedi yang menarik pada video : Edgar Wright - How to Do Visual Comedy. Dia menjelaskan tentang visual comedy yang menarik pada video tersebut. Contoh lain adalah tulisannya tentang trailer Ghostbusters. Dia memberi contoh trailer versi Amerika dan UK. Materi trailer filmnya hampir sama namun Tony menjelaskan versi UK lebih menarik dengan beberapa alasan. Misalnya hantu pada trailer versi UK lebih 'menyerang' dan jumlah frame komedi versi UK lebih sedikit (niat buat ngehitung jumlah frame).

   Jumlah videonya sudah 26 sejak dua tahun lalu(2014) dan viewersnya terhitung banyak, 8 videonya sudah ditonton lebih dari 1 juta. Dan salah satu film yang paling disukainya adalah Seven Samurai tentang movement sebuah film yang menjadi karya 'beethoven' dalam dunia perfilman.


   Jadi kenapa channel ini recommended?... menurut ku, alasannya mirip seperti melihat acara kompetisi memasak seperti master chef. Pertanyaannya adalah, bagimana jika acara tersebut  hanya menampilkan gambar saat para kontestan mengantar makanan ke meja juri dan kemudian dinilai oleh juri? yak...itu pasti bikin cepat bosan dan kurang menarik. Justru para penonton tertarik bagimana kontestan membuat makanan dengan kesulitan tertentu, bagaimana kebiasaan setiap kontestan menyajikan makanannya, apa kesalahan mereka dan bagaimana itu diperbaiki dst...
   
    Dan alasan yang sama untuk channel ini. Mungkin beberapa orang berpendapat berbeda tentang cara editor menilai sebuah karya film. Namun menurut saya channel ini menarik. Tony berusaha menyajikan pengetahuan dibelakang layar dan bagaimana detil sebuah film itu bisa menjadi menarik bagi orang awam seperti saya dan dapat memahami sebuah film pada level yang baru.

1 komentar: