Minggu, 19 Juni 2016

[Review Film] Nightcrawler - 2014

"My motto is if you want to win the lottery you've got to make money to get a ticket." Lou Bloom

    Jake Gyllenhaal menjadi pemeran utama di film ini. Pemeran utama yang bisa jadi dibenci karena karakternya. Cerita singkatnya adalah Lou Bloom( Jake) seorang pencuri malam hari melakukan kejahatan untuk memenuhi kebutuhannya karena pengangguran, dan ingin sekali bisa bekerja. Sampai suatu hari dia melihat peliput berita dan pesanaran dengan cara mereka mendapatkan uang. Dia kemudian dengan ketekunan berhasil menguasi pekerjaannya dan disukai pemimpin redaksi stasiun berita lokal. Meski tak punya pendidikan formal dibidang pertelevisian, Lou Bloom, menguasai dengan cepat bahkan sampai 'menggenggam' meja dapur redaksi stasiun televisi.

    Pembanguan ceritanya sangat menarik. Emosi penonton dibangun dari awal, dimana semakin lama Lou Bloom adalah orang yang 'annoying'. Maksudnya sifat aslinya, semakin terlihat ketika dia semakin mendalami profesinya dan semakin menikmati cara kotor untuk mencapai semua apa yang dia inginkan.

   Film ini menjadi sindiran untuk dua hal  sekaligus. Pertama, jelas, untuk dunia pemberitaan media massa. Dimana, demi mengejar rating, sebuah stasius berita rela menabrak aturan dan mencoba mencuri perhatian penonton. Ada kutipan dialog, "penonton suka berita yang berdarah. Mereka suka melihat kejahatan yang dimunculkan oleh orang kulit hitam dari pinggiran terhadap orang kulit putih kelas menengah.". Sindiran kedua adalah untuk dunia bisnis saat ini, dimana kapitalisme adalah sesuatu yang jahat. Lou punya asisten, yang di gaji rendah namun dituntut untuk membuat lebih dengan membodohi, bahkan menjadi bahan berita ketika asisten tersebut tewas tertembak pelaku pembunuhan dan dari sisi stasiun berita yang mementingkan rating acara untuk meningkatkan penghasilan tanpa menghiraukan etika dan aturan.

   Nightcrawler adalah jenis film yang jarang saat ini menurut saya, dimana keseruan dari film tersebut terletak dari pembanguan karakter tokoh utama.

nilai : 8/10

1 komentar: